WELCOME TO MY BLOG HAPPY READING

Rabu, 01 November 2017

Tips Menuntut Ilmu

    Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabaraktu.
Semoga ukhti semua dalam keadaan sehat wal-afiat semua yaa.. bagi yang kurang sehat semoga lekas sembuh Aamiin..
Alhamdulillah dihari ini aku masih diberi umur sama Allah dan kalian juga yang membaca blogku :) Semoga kita semua diberi umur yang panjang agar lebih mantap menabung amal kebaikannya. Aamiin ya Rabb..

Jadi blog yang ntah ke berapa ini aku mau ngasih tau tentang "Tips Menuntut Ilmu".
Langsung cuzzz aja yukk..


"Rasulullah saw bersabda : "Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat" 

{HR.BUKHARI}

   Tidak ada batas waktu untuk belajar. Kapanpun kita harus belajar dan menambah ilmu. Dengan Ilmu kita bisa meninggikan derajat,dengan ilmu kita bisa mengetahui mana yang benar mana yang salah, dengan ilmu kita bisa mendapatkan bekal dalam menjalani hidup, dan dengan ilmu juga kita bisa lebih melihat tanda-tanda kebesaran Allah. Apapun ilmu yang dipelajari didunia, itu adalah jalan pembuktian mengenai kebenaran apa yang Allah sudah sampaikan dan Rasulullah tuntunkan. Ilmu akan menjadikan kita lebih sadar betapa nyatanya kekuasaan Allah sehingga seharusnya membuat kita lebih bersyukur.

   Contoh dalam hidup kita itu ketika Shalat, dalam shalat kita harus tau syarat sahnya shalat,betul? bagaimana bacaanya dan bagaimana agar bisa khusyuk shalatnya. Kalo kita gatau ilmunya pasti kita shalatnya cuma ikut-ikutan doang.


   Tips menuntut ilmu agar berkah

a. Niatkan karna Allah

semua itu harus diawali dengan niat. kalo niatnya baik in shaa Allah  akan dimudahkan jalannya.

"Siapa saja yang mempelajari suatu Ilmu tidak karena Allah, dia tidak akan mendapatkan harumnya surga dihari kiamat" 

{HR.Abu Dawud}

 b. Tidak digunakan untuk berbuat dosa 

Dengan ilmu yang tidak tahu akan jadi tahu . Orang yang banyak ilmunya akan lebih tahu dibandngkan dengan yang lain. Ilmu yang banyak seharusnya digunain untuk kebaikan bukannya buat berbuat dosa. Misal, untuk menipu orang lain,untuk menyombongkan diri, untuk korupsi, menyesatkan orang lain,dsb.

"Rasulullah saw bersabda, "siapa saja yang mengajak pada kebaikan, ia memperoleh pahala seperti orang mengerjakan kebaikan itu tanpa dikurangi sedikit pun pahalanya. Dan siapa saja yang mengajak pada keburukan, ia akan berdosa seperti orang yang mengerjakan dosa itu, tanpa dikuragi sedikit pun dari dosa mereka yang mencontohnya itu."

{HR MUSLIM}

 c. Ajarkan Ilmu yang dimiliki

Orang itu pintar ketika dia bisa mengajarkan orang lain ilmu yang dimilikinya. Dengan mengajarkan ilmu  berarti kita telah membantu mencerdaskan orang lain dan membuat ilmu kita bermanfaat.  Dan itu akan menjadi amal jariyah kita. 

 

ps: Menuntut ilmu itu dengan 6 perkara :

    1. Kecerdasan

    2. Semangat

    3. Cita-cita tinggi

    4.Bekal

    5. Ke Majelis Ilmu

    6. Terus menerus

{Imam Syafi'i}


Sekian dari saya, syukron Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatu.

Maaf kalo masih punya banyak kekurangan di blog ini..
Jangan bosen baca artikel-artikel saya yaa...

See You Next Time :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar