WELCOME TO MY BLOG HAPPY READING

Kamis, 12 Oktober 2017

Untukmu Ukhti.. | Ukhti,Hijrah Yuk!!

     Assalamu'alaikum warrahmatullahi warahmatullahi wabarakatu ukhti .
apa kabar nih? semoga dalam keadaan sehat wal afiat ya ukhti :D

oh iya, sebelumnya kenalin nama saya sofie rahma ukhti boleh manggil saya rahma. saya masih pelajar.

Kali ini saya akan membuat blog yang berjudul "Ukhti,Hijrah Yuk!!"
blog ini sangat cocok untuk muslimah yang lagi semangat'nya berhijrah menjadi lebih baik nih terutama untuk berhijab. Banyak diluaran sana yang sana yang kurang mengerti bahkan melanggar ketentuan' syara' . melanggar ketentuan syara'? penasaran kan? simak terus yuk !!

A.JILBAB SEMAMPAI

     Ngomong' soal jilbab ukhti tau gak nih arti dari kata jilbab? jilbab itu sama kaya kerudung kan kak, untuk menutupi kepala alias aurat? .
Nah ini nih yang perlu direvisi soal pandangan kita tentang jilbab. Faktanya beda loh ukhti antara jilbab dan kerudung.
Menurut pendapat ibnu katsir , ibnu mas'ud , dan ibnu hazm. Jilbab itu pakaian penutup tubuh wanita , yang terulur , tidak berpotongan , tidak tembus pandang , dan tidak menampakkan lekukan tubuh . Jadi "jibab itu pakaian ya ukhti bukan penutup kepala" kalo bahasa jaman now sih gamis . Tak kalah pentingnya nih, meskipun baju atasan kita panjang dan longgar dan disandingkan dengan rok yang gakalah lebarnya , tetap saja itu bukan kategori jilbab ya.

Bukannya pakaian yang lebar tidak akan mengundang syahwat? yap,betul sekali. Namun kita berjilbab bukan dalam mencegah syahwat atau tidak ya ukhti. Definisi jilbab balik lagi ke asal muasal dalil syara' yang tercantum dalam Al-Qur'an. 

"Hai Nabi, katakanlah kepada istri'mu , anak' perempuanmu dan istri' orang mukmin : 'hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal , karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang."
{QS. Al-Ahzab:59}
Oh ya ukhti..
meskipun bentuknya lurus dan terusan, tetap tidak boleh membentuk lekukan tubuh yaa..
karena lekukan itu bisa mengundang syahwat kepada yang bukan mahram kita..
nanti dosanya jadi dikasih ke kita ...
jadi jangan nanggung' ya ukhti dalam melaksanakan perintah Allah.

B.KERUDUNG MODIFIKASI

     Batas syar'i dari kerudung itu ditutup sampai ke dada ya ukhti. Belakangan ini sudah banyak tutorial yang isinya menggunakan kerudung tidak menutupi dada bahkan sampai ada yang dilit-lilit di kepala juga dileher. Banyak juga yang menjual kerudung tidak syar'i karena berbahan tipis.'hayoo ukhti punya gak tuh kerudung yang tidak syar'i'. hati' ya ukhti kita harus pintar' memilih kerudung yang syar'i mulai dari bahan nya. Harga kerudung juga bervariasi mulai 15k hingga 100k ala butik. Tapi bukan soal atau murah / mahal harganya ya ukhti, namun apakah kerudung yang kita beli sudah memenuhi syarat syar'i atau belum.

   PUNUK UNTA

     Ukhti pasti tau kan punuk unta itu apa? punuk unta itu ada di punggung unta yang berguna untuk menyimpan makanan. Kenapa bahas punuk unta? mau tau??
banyak dari kita kalangan wanita muslim atau mungkin yang pernah kita liat mereka menggunakan kerudung menyerupai punuk unta. maksud dari punuk unta disini ialah gulungan rambut atau konde yang membuat bagian belakang kerudung membesar. itu HARAM loh ukhti hukumnya.
Niatnya sih cuma mau menggulung rambut supaya gak berantakan ke mana' ehh malah membentuk tonjolan yang menyerupai punuk unta.
"Ada dua golongan penduduk neraka yang belum pernah aku lihat : pertama, kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia. kedua, para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak lenggok kepala mereka seperti punuk unta yang miring, wanita seperti itu takkan masuk surga dan takkan mencium baunya , walau baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian."
{HR.MUSLIM}

Terus gimana dong biar gulungan rambutnya tidak menyerupai punuk unta?
Nih, ada tips dari ust.Felix Siauw :
  1. Silahkan gulung rambut kebawah , intinya agar rambut kita tidak menjadi tonjolan kerudung
  2. Lebarkan khimar/kerudung , in sha Allah ukhti akan lebih anggun , rambut juga bebas dari punuk unta
gimana? udah tau kesalahan kesalahan yang ingin diperbaiki? mudah'an kita semakin bertakwa dan istiqamah ya ukhti..


---------------------------------------------------------------------------------------

CANTIK DAN KOSMETIK

    Siapa yang tidak kenal Selena Gomez , Meghan Trainor , Taylor Swift? pasti pada tau kan?kebayang dong betapa cantik dan nyentrik nya penampilan mereka. Soal cantik sih?relatif ya,yang pasti pada full make up. Dengan harga kosmetik yang makin menggila. yang tua bisa keliatan muda , yang item bisa jadi putih, yang chubby bisa jadi imut dsb.

Zaman sekarang tuh ya perempuan paling 'ngeri' kalo keluar rumah gamake make up, bener gasih?
sebab karna takut aibnya keumbar seperti jerawatan dan komedo.
"Sesungguhnya Allah Swt itu, indah dan mencintai yang indah , murah hati dan menyukai kemurahatian , menyukai akhlak yang luhur dan membenci akhlak yang rendah."
{HR.AL-Baihaqi}

Hadis tadi menunjukan bahwa menyukai kecantikan adalah salah satu fitrah wanita dan perasaan ingin cantik ini adalah nikmat dari Allah Swt. Namun, salah kaprah kalo cewek tergoda untuk membeli kosmetika yang dapat mewujudkan mimpi' mereka dan mulai melalaikan koridor syariat yang telah mengatur batasan batasan untuk tampil cantik. Ada yang mengoleskan pemutih kulit,pelurus rambut,memakai maskara supaya badai bulu matanya,mengecat rambut bahkan ada yang sulam alis melalui serangkaian treatment silikon dll.
"Janganlah kalian (wahai istri-istri Nabi) bertabarruj/bersolek sebagaimana tabarruj orang orang jahiliyah yang awal."
{QS.AL-Ahzab:33}
Ngomong" mau tau soal tabarruj itu ?
"Tabarruj adalah menampakkan perhiasan kepada laki-laki yang bukan mahram (ajnabil). Perbuatan seperti ini jelas tercela. Inilah makna dari lafal hadis, (menampakkan perhiasan) tidak pada tempatnya."
{An-Nihayah fi Gharibil Hadis)

--------------------------------------------------------------------------------------

TREN HIJAB REJECT OR FOLLOW ?

"Siapa yang mengenakan pakaian popularitas (syahrah) di dunia , maka Allah akan kenakan pakaian kehinaan kepadanya pada hari kiamat."
{HR.AHMAD} 

     Aneka tren hijb memang makin ngegemesin, mulai dari yang ribet sampe yang simpel. Dari yang dililit di kepala sampe tusukan jarpen sana sini. pernah nyobain? beuhhh jan coba coba kalo belom ahli ntar bisa ketusuk.

Maklum, namanya juga perempuan. Selalu punya sesuatu untuk dipercantik dan diotak atik. Lebay gaksih? lebay atau nggaknya tergantung kita yang menilai.

Batasan aurat dari dulu sampe sekarang masih sama, yaitu : muka dan telapak tangan. Al-'Amash meriwayatkan dari Said bin Jubair dari Ibni Abbas : "Dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali apa yang tampak darinya" , Ibnu Abbas menegaskan "wajah dan telapak tangan."

Tren hijab ditolak atau diikuti? Jawabannya 'terserah Allah saja' artinya 'aku berhijab bukan karena tren atau nggak melainkan karena Allah semata.
Jika kenyataannya tren hijab sekarang tidak susuai islam, jangan malu untuk menolak alias tidak ikut'an. Terus apresiasi yang sudah menutup auratnya, tidak perlu berlebihan. Semangat untuk berhijab boleh saja, tapi bukan berarti kita berhenti untuk berhijab sempurna yang sebenarnya memenuhi ketentuan syara'. Begitulah sikap sebagai 'Muslimah Sejati.


-pelangi muslimah.


 Ikuti terus blog cerita saya ini ya ukhtii.. masih banyak pelajaran yang ingin saya bagikan kepada ukhti semua...

Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

1 komentar: