WELCOME TO MY BLOG HAPPY READING

Rabu, 01 November 2017

Selektif memilih teman

   Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabaraktu.
Semoga ukhti semua dalam keadaan sehat wal-afiat semua yaa.. bagi yang kurang sehat semoga lekas sembuh Aamiin..
Alhamdulillah dihari ini aku masih diberi umur sama Allah dan kalian juga yang membaca blogku :) Semoga kita semua diberi umur yang panjang agar lebih mantap menabung amal kebaikannya. Aamiin ya Rabb..

Jadi blog yang ntah ke berapa ini aku mau ngasih tau tentang "Selektif memilih teman".
Langsung cuzzz aja yukk..


    TEMAN.  Kita semua pasti mempunyai teman ratusan bahkan tak terhitung jumlahnya betul?
Mengapa kita harus mempunyai banyak teman?Bikos kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain, dan mempunyai banyak teman selain bisa berbagi pengalaman yang mengandung pelajaran juga memudahkan kita dalam segala urusan seperti ingin pergi ke negeri orang. Kita harus tau tata cara / tradisi mereka bukan? kalo kita mempunyai teman di negeri yang akan kita tuju itu bukankah sangat memudahkan kita dalam berpergian dan berkomunikasi?

Ngomong-ngomong soal teman pasti kita mempunyai beraneka macam teman betul? ada yang baik didepan busuk dibelakang alias munafik,ada yang suka ngejudges mulu kerjaannya,ada yang alim banget,ada yang tomboy,ada yang bawel,ada yang suka ngerumpi, ada yang alim banget,ada yang suka ngemil tapi gagendut", ada yang nakalnya ga ketulungan,ada juga yang kekinian pokoknya banyak deh. ukhti kategori yang mana nih?

Balik ke topik "Selektif memilih teman" kenapa kita harus selektif/pintar-pintar memilih teman? Ya jelas dong karna peran seorang teman bagi kehidupan kita sangat besar. Kenapa sangat besar? gimana ga besar wong kita ketemu aja hampir tiap hari , kalo pergi bareng-bareng mulu. Setiap yang mereka lakuin bukankah kita juga akan terkena ampasnya?

 Rasulullah saw bersabda :
 "Permisalan teman duduk yang baik dan teman teman duduk yang jelek seperti penjual minyak wangi dan pandai besi.(Duduk dengan) penjual minyak wangi bisa jadi ia akan memberimu minyak wanginya. bisa jadi engkau membeli darinya dan bisa jadi engkau akan dapati darinya aroma yang wangi. Sementara (duduk dengan) pandai besi. Bisa jadi ia akan membakar pakaianmu dan bisa jadi engkau dapati darinya bau yang tak sedap.
{HR.Bukhari-Muslim}

   Seperti yang sudah dijelaskan hadis diatas, Permisalannya tuh gini, teman kita itu ngerokok,awalnya kita gasuka ngerokok, tapi kalo kita terbiasa ngeliat temen kita ngerokok ngirup aseopnya, pasti lama-lama kita kebawa juga namanya juga manusia pasti iman kita gaselamanya stabil betul? ya walaupu lingkungan kita gaada yang ngajarin ngerokok tapi kalo pergulan kita gabener? yaudah, akhirnya kalo ada yang ngajak / nyekokin rokok ya mau-mau aja ditambah pikiran gastabil gabisa berpikir jernih gamikir dampaknya ntar gimana.

Tapi beda kalo kita temenannya sama anak yang baik' alias alim dia sering ngajakin ngaji,always ngingetin kita jaga sikap,selalu ngajakin kita berbuat yang baik. Pasti kita juga akan terbawa toh?karna kita udah terbiasa diajakin hal yang baik".

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar."
{Qs.At-Taubah:119}


Maaf ya kalo masih gimana gitu maklum masih pemula :D

Jangan pernah bosen sama blog aku ya qq..

Sekian dari saya, Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatu.

1 komentar: