WELCOME TO MY BLOG HAPPY READING

Rabu, 01 November 2017

Shalat Ibadah yang paling utama

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillah aku masih dikasih umur untuk menyampaikan hal' yang in sha Allah bermanfaat buat kalian semua melalui akun blog aku ini ya ukh..
Btw,gimana nih kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat wal-afiat ya ukh..

Pada kesempatan kali ini aku mau menjelaskan salah satu ibadah dalam agama kita yaitu Shalat. Mau tau? kuyy disimak terus!!

Shalat?siapa sih yang gatau dengan satu ibadah ini,karna kita harus melakukannya untuk menjadi pundi-pundi amal di akhirat nanti.

lebih rincinya,dalam bahasa arab adalah doa. Menurt istilah shalat adalah ibadah kepada Allah dalam bentuk beberapa perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam yang dilakukan menurut syarat-syarat yang telah dilakukan syara'.
Shalat merupakan fardhu'ain. terutama yang sudah baligh karna dia sudah mempunyai tanggung jawab pahala dan dosanya,jadi dosa kita sudah tidak ditanggung oleh orangtua. Shalat harus dikerjakan kapanpun dimanapun dan dalam keadaan apapun.
"Dan dirikanlah shalat, dan keluarkanlah zakat, dan tunduklah rukuk bersamasama orang yang rukuk."
 {Qs.Al-Baqarah:43}

Perintah mengerjakan Shalat diwajibkan itu setelah dilaksanakannya Isra' Mi'raj setahun sebelum hijrah ke Madinah. Peristiwa ini diterima langsung dari Allah. Jadi,Shalat itu tiang agama.

Rasulullah saw bersabda :
"Shalat adalah tiang agama,barang siapa telah melaksanakan shalat,berarti ia telah menegakkan agama.Namun siapa yang meninggalkannya, ia telah meruntuhkan agama."

"Sesungguhnya amal manusia yang pertama kali dihisab pada kiamat adalah shalatnya. Jika shalatnya diterima , maka diterima pula amal yang lain. Dan jika shalatnya ditolak,maka ditolak pula amal yang lain."
{HR.TABRANI}

"Allah tidak melihat seberapa banyak harta kita,seberapa tinggi kedudukan kita,namun Allah melihat ibadah yang kita lakukan."

Nah,aku mau ngasih tau beberapa ketentuan yang membedakan antara perempuan dan laki-laki dalam shalat.Antara lain:
  1. Hendaknya merapatkan anggota badannya, misal ketika kita sujud merapatkan kedua lutut yang merapat dengan kedua telapak tangan pula. Berkebalikan dengan laki-laki yang menjatuhkan lutut begitu pun dengan telapak tangan.
  2.  Merendahkan suara,misal ketika berjamaah saat imam setelah membaca Al-fatihah dan dijawab dengan "Aamiin" suara kita harus rendah/lirik berbeda dengan laki-laki yang menjawab dengan keras.

 SHALAT TEPAT WAKTU

Ibnu Mas'ud ra. berkata : aku bertanya kepada Rasululla saw, "Ya Rasulullah amal perbuatan apa yang paling afdhal ?" beliau menjawab "Shalat tepat waktu" aku bertanya lagi, "lalu apalagi?" beliau menjawab "Birrul Walidain" aku bertanya lagi "lalu apalagi ya Rasulullah?" beliau menjawab "Berjihad dijalan Allah"

{HR.BUKHARI}

Ketika adzan sudah berkumandang cepat' ambil air wudhu untuk shlalat ya ukh. Masih ingetkan blog saya yang kemarin? waktu yang mustajab untuk berdoa yaitu antara adzan dan iqamah.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar